Kamis, 13 Juni 2013

Bawang Putih Menimbulkan Rasa Mengantuk (Bagian 3)

"Bawang Putih Meningkatkan Kerja Sistem Saraf Simpatik"

Bawang putih dapat meningkatkan kerja sistem saraf simpatik karena beberapa senyawa yang dikandungnya. Salah satunya adalah asam amino yang disebut dengan kreatin. Asam amino ini berperan dalam gaya seketika pada kontraksi otot. Selain itu bawang putih juga mengandung mineral kalium  yang penting untuk kontraksi otot.

Jika kedua senyawa tersebut ada dalam jumlah berlimpah maka saraf simpatik akan terbantu dalam melakukan gerakan kontraksi otot. Lalu, reaksi tubuh juga akan menjadi cepat seperti saat akan berdiri tegak lurus seketika atau saat aktivitas yang membutuhkan gerakan badan.

Senyawa lainnya adalah organogermanium yang membantu transport oksigen ke seluruh bagian tubuh. Tidak lupa kandungan vitamin B kompleks seperti B1, B2, B3, dan B6 yang merupakan bahan fundamental untuk metabolisme (proses pembentukan dan penguraian zat di dalam tubuh) gula, lemak, dan protein.Dengan kata lain, senyawa-senyawa tersebut akan menjadi "material pengaktivasi" saraf simpatik.

Oleh karena itu, rasa mengantuk setelah mengkonsumsi ninnikudama adalah karana saraf otonom (yaitu saraf parasimpatik dan simpatik) termodulasi dan saat tubuh merasa memerlukan istirahat, maka efeknya akan mudah dan cepat terasa.

(bersambung)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar